Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perilaku Cerdik Cegah Osteoporosis

Kompas.com - 21/10/2012, 10:31 WIB
Iwan Setiyawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Ribuan orang mengikuti peringatan Hari Osteoporosis Nasional 2012 di kawasan silang barat Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (20/10/2012).

Peringatan ini hadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan Ali Gufron Mukti, dan para anggota Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) yang dimotori Ratna Djoko Suyanto. Turut bergabung pula sejumlah selebritas dan mantan atlet yang menjadi duta osteofighter yang disponsori Anlene, yaitu Minati Atmanegara, Rianty Catwright, Ibnu Jamil, Thomas Djhorgi, dan pasangan pebulu tangkis peraih emas olimpiade Alan Budi Kusuma dan Susi Susanti.

Kegiatan yang didukung oleh Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (Perosi) dan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) ini mengambil tema "Indonesia Bergerak".

Kegiatan diisi dengan senam osteoporosisi massal yang diikuti ribuan warga. Selain itu juga diperkenalkan tari osteoporosis yang dikreasikan oleh koreografer Namarina Dance. Kemudian dilanjutkan dengan jalan sehat di sekitar Monas.

Ali Gufron Mukti mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan tulang untuk mencegah osteoporosis. Jumlah penderita osteoporosis kini cenderung meningkat. "Pada tahun 2050 diperkirakan jumlah penderita osteoporosis pria meningkat tiga kali lipat dan wanita meningkat dua kali lipat," kata Ali.

Untuk itu beberapa langkah telah dilakukan, seperti pendayagunaan posbindu untuk pengecekan kesehatan kaum lanjut usia di kampung-kampung. Ali juga mengingatkan perlunya gerak tubuh bagi warga terutama menjelang lanjut usia.

"Saat ini ada sekitar 3.000 posbindu yang aktif. Untuk pencegahan osteoporosis yang penting kita bergerak, kemudian usahakan kena paparan sinar matahari pagi, dan jangan lupa asupan makanan bergizi yang mengandung kalsium dan vitamin D," kata Ali.

Kementerian Kesehatan juga menganjurkan upaya promosi dan pencegahan dengan mengadopsi gaya hidup sehat dengan "CERDIK". Slogan ini merupakan penjabaran dari: Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet Sehat dan seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com