Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov DKI Siap Dukung Festival China Town

Kompas.com - 21/10/2012, 15:56 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendukung segala kegiatan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Perayaan ulang tahun Dewa Fat Cu Kung di petak sembilan, Glodok, Jakarta Barat mendapat dukungan dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

"Prinsipnya sederhana saja, kalau ada badan hukum, ada rekening bank, bisa bantu dengan mudah," kata Basuki di Petak sembilan, Tambora, Jakarta Barat, Minggu (21/10/2012).

Basuki menambahkan, kegiatan Kirab Budaya dan Kirab Gotong Toapekong merupakan kegiatan yang bisa mendukung pariwisata di Jakarta. Akan tetapi, jika kegiatan ini ingin difokuskan, pemerintah harus mengkaji kembali karena jalan di sekitar petak sembilan terbilang sempit.

"Kalau jalannya begini, gimana turis mau berkunjung," katanya.

Basuki menambahkan, kegiatan seperti ini akan terus didukung Pemprov DKI Jakarta. Untuk meneruskan festival seperti ini, tergantung warga setempat yang merayakan, pejabat hanya sebagai pelayan masyarakat.

"Kami enggak paksakan kehendak kami, semua tergantung dengan warga sendiri," ungkapnya.

Kegiatan budaya lokal di bio Fak Cu Kung dilaksanakan setiap tahun. Kirab Budaya dan Kirab Gotong Toapekong yang dihadiri kurang lebih 10.000 orang dan rute sepanjang 10 kilometer.

Adapun rute kegiatan kirab ini adalah BIO FAT CU KUNG (Jalan Kemenangan) menuju toko Tiga, Jalan Pintu Kecil, Berbelok di Jembatan Layang Kota, Hayam Wuruk, Lurus berbelok di Mangga Besar, Mangga Besar Raya, Berbelok di bawah jembatan Rel, Menuju Krukut/Gramedia, Kompas-lurus Hayam Wuruk, Glodok, Berbelok ke Petak Sembilan/Kim TekIek, dan kembali ke Bio FAT CU KUNG.

Peserta Kirab meluputi Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih, Marching Band, Naga/Liong dari TNI Naga Doreng, Kodam 15 Semarang, Tandu/Kebesaran YM Kongco Fat Cu Kung dan tandu tuan rumah, 85 Tandu Kelenteng tamu se Jawa, Bali, Madura, Sulawesi, dan kesenian Tradisional Betawi.

Berita terkait dapat diikuti di topik: 100 HARI JOKOWI-BASUKI.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com