Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fauzi Bowo Pangkas Bantuan ke Daerah Sekitar

Kompas.com - 24/10/2012, 00:39 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

BANDUNG, KOMPAS — Fauzi Bowo sewaktu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta memangkas dana bantuan kepada daerah yang berbatasan, sebagai bagian dari program Badan Kerja Sama Pembangunan Jabodetabekjur.

Dari dana bantuan  Rp 20 miliar pada zaman Sutiyoso menjadi Gubernur DKI melorot jadi Rp 5 miliar pada zaman Fauzi.

Hal tersebut terungkap dalam rapat paripurna BKSP Jabodetabekjur yang berlangsung di Hotel Grand Panghegar, Selasa (23/10/2012) malam. Rapat yang diikuti daerah di tiga provinsi itu untuk pertama kalinya digelar di luar Jakarta.

Bupati Bogor Rahmat Yasin mengungkapkan bahwa dana yang dikucurkan Pemprov DKI Jakarta pada zaman Sutiyoso efektif dalam mengcegah agar banjir tidak seluruhnya masuk ke Jakarta. Dengan pemangkasan bantuan, pihaknya juga kerepotan.

"Kami selalu dituding karena membangun hutan beton di daerah puncak, padahal pemiliknya juga berasal dari DKI Jakarta juga," ujar Rahmat.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengharapkan kepemimpinan DKI Jakarta yang baru dari Joko Widodo ikut membawa perubahan yang positif bagi daerah tetangga Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com