Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terobosan Akan Dicoba pada Empat Pasar di Jakarta

Kompas.com - 24/10/2012, 13:52 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menertibkan dan memfasilitasi pedagang di seluruh pasar di Ibu Kota. Saat ini rencana itu terus digodok, dan terakhir diperoleh informasi bahwa ada empat pasar yang akan menjadi target pertama realisasi terobosan ini.

Assisten Manager Sub Bidang Humas PD Pasar Jaya, Agus Lamun, menyampaikan, empat pasar yang dimaksud adalah Pasar Rumput, Pasar Jati Rawa Sari, Pasar Cempaka Putih, dan Pasar Minggu.

Dari keempat pasar itu setidaknya akan ada 3.000 pedagang (termasuk kaki lima) yang nantinya akan difasilitasi untuk mendapatkan lapak berjualan di dalam pasar dengan harga sewa murah.

"Kita berusaha untuk memfasilitasi itu dan rencananya biaya sewa hanya akan dikenakan retribusi harian," kata Agus saat dijumpai seusai ikut menghadiri rapat koordinasi bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, di Gedung Balai Kota Jakarta, Rabu (24/10/2012).

Ke depan, Agus berharap PD Pasar Jaya mampu menampung atau memfasilitasi seluruh pedagang kaki lima di wilayah DKI Jakarta.

Sebagai konsekuensinya, PD Pasar Jaya tengah merancang konsep pembangunan dan penambahan fasilitas penunjang lain. Seperti perkantoran, ataupun rumah susun.

Sesuai dengan rencana Pemerintah Provinsi DKI yang akan mengintegrasikan pasar dengan tempat hunian, dan klinik/Puskesmas. "Pak Basuki sangat care dengan pedagang kaki lima. Sosialisasi akan segera kita lakukan begitu pembangunannya dilaksanakan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com