Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejanggalan Ambruknya Atap SDN 03 Rawamangun

Kompas.com - 07/11/2012, 19:03 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ada kejanggalan dari proyek renovasi SDN 03 Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, yang ambruk pada bagian atap, Selasa (6/11/2012) malam. Di depan bangunan tersebut tak terdapat papan proyek renovasi dan papan izin mendirikan bangunan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pagar sekolah yang terletak di Jalan Haji Ten Raya, RT 06 RW 03, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur, itu, terkunci. Di depan sekolah hanya ada papan yang menunjukkan nama sekolah.

Tak ada satu pun papan petunjuk yang berisi keterangan bahwa sekolah yang terdiri dari tiga bangunan itu tengah direnovasi sehingga tidak ada satu pun warga yang mengetahui perusahaan mana yang menangani renovasi sekolah tersebut.

Pihak sekolah dan pemerintah terkait pun tak ada yang bersedia memberikan keterangan atas insiden tersebut.

Sementara di dalam gedung, meski pagarnya terkunci, masih terlihat aktivitas belasan pekerja. Meski begitu, mereka kompak tutup mulut mengenai tragedi semalam.

Namun, seorang pekerja yang mengaku bernama Dongan mengatakan, atap sekolah roboh karena memang sengaja dirobohkan.

"Enggak ada apa-apa. Kami yang robohin sendiri, diganti yang lebih bagus karena ini salah," ujarnya yang langsung tutup mulut.

Jawaban Dongan berbeda dengan keterangan warga sekitar. Warga mengaku mendengar suara gemuruh yang cukup mengejutkan sekitar pukul 22.30. Setelah diperiksa, suara yang semula dikira petir itu ternyata berasal dari ambruknya atap gedung SDN.

Warga mengaku melihat rangka yang terbuat dari baja ringan telah ambruk bersama genteng yang baru terpasang.

Rabu (7/11/2012) siang, tiga orang yang mengenakan pakaian dinas pemerintah tampak mendatangi lokasi ambruknya sekolah. Namun, ketiganya enggan dimintai keterangan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com