Selasa, 2 September 2014

News / Hunian

Dahlan Iskan: Tiga BUMN Bangun Rusun di Tiga Wilayah

Kamis, 29 November 2012 | 11:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan, tiga BUMN akan berkolaborasi membangun enam rumah susun yang tersebar di Marunda, wilayah PT Kawasan Berikat Nusantara Persero, serta Klender.

"KBN akan bangun dua rusun. Begitu juga dengan di Merunda dan Klender masing-masing dua rusun," katan Dahlan saat ditemui di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (28/11/2012).

Menurut Dahlan, pembangunan rusun di tiga kawasan tersebut dikarenakan banyaknya perumahan kumuh yang membuat aliran sungai tidak berfungsi dengan baik. Nantinya, katanya, rusun baru itu akan menampung masyarakat yang tinggal di perkampungan tersebut.

"Terserah Pak Gubernur nantinya akan menormalkan kembali water zone di tempat mana lagi. Pada prinsipnya kita oke, teknis akan dibicarakan dengan masing-masing dirut BUMN," katanya.

Untuk merealisasikan pembangunan rusun tersebut, Dahlan mengharapkan Pemerintah Daerah DKI Jakarta turut berpartisipasi, terutama dalam hal pemberian izin. Artinya, apabila izin sudah diperoleh, maka perusahaan BUMN dapat membangun enam rusun itu pada pertengahan Desember ini.

"Prosedur administrasinya memang harus dibicarakan dan intinya kita siap. Nantinya ada PT Indra Karya sebagai konsultan yang merancang pembangunan rusun. Ini bukan wacana," katanya.

Pada kesempatan sama, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menuturkan, perusahaan BUMN berencana membangun enam rusun yang tersebar di Marunda, Klender, dan wilayah KBN dengan investasi sekitar Rp 600 miliar.

"Saya hanya mengurusi agar perizinan cepat dan segera dibangun," kata Jokowi.

Oleh sebab itu, ia berkeinginan memanggil dirut BUMN yang terlibat pada Kamis (29/11/2012) ini untuk memaparkan rencana pembangunan rusun tersebut.

Baca juga:

Kenyataannya, Selama ini Rusun Terbengkalai....


Editor : Latief
Sumber: