Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakso Campur Daging Babi Lebih Murah

Kompas.com - 13/12/2012, 18:39 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bakso daging oplosan juga ditemukan di pasar sekitar wilayah Jakarta Barat. Bakso tersebut terbuat dari daging babi dan dipasarkan oleh tukang bakso curah.

"Kita sudah lakukan uji sampel di lima pasar di Jakarta Barat. Dari sampel yang diambil, ada tiga sampel yang terbukti mengandung daging babi," Kepala Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat Eviati kepada wartawan, Kamis (13/12/2012).

Ia menambahkan, sampel tersebut diambil dari lima pasar di Jakarta Barat, yaitu Pasar Kemiri, Pasar Duta Mas, Pasar Kopro, Pasar Puri, dan Pasar Grogol. Dari lima pasar tersebut, bakso oplosan ditemukan di Pasar Puri, Pasar Grogol, dan Pasar Kopro (Tomang Barat).

Ia melanjutkan, bakso yang ditemukan di tiga pasar tersebut merupakan bakso yang dijual butiran dan kiloan. Bakso tersebut tersimpan di dalam baskom besar dan tidak ada tulisan merk atau jenis daging pada bakso tersebut.

Eviati mangatakan, bakso yang sudah dioplos dengan daging babi biasanya harganya lebih murah. Satu butir bakso dihargai Rp 300 sampai Rp 1.500 tergantung besar dari bakso tersebut. Sedangkan bakso asli menggunakan daging sapi dihargai Rp 1.000 per butir untuk ukuran kecil.

Menurutnya, secara kasat mata tidak ada perbedaan pada bakso yang menggunakan daging babi dan bakso yang menggunakan daging sapi. Untuk mendeteksi kandungan bakso harus dilakukan di laboratorium.

Sebelumnya, pabrik bakso oplosan menggunakan daging sapi juga ditemukan di Pasar Cipete, Jakarta Selatan. Bakso tersebut ada pada satu pabrik yang segera digerebek polisi setelah mendapatkan informasi dari masyarakat sekitar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com