Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Metro Beri Masukan ke Jokowi

Kompas.com - 19/12/2012, 15:05 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendapat rekomendasi untuk menghadapi perayaan Natal dan malam pergantian Tahun Baru. Masukan ini secara langsung disampaikan oleh Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigadir Jenderal (Pol) Sudjarno dalam rapat mengenai situasi ketertiban masyarakat menjelang akhir tahun, di gedung Balai Agung, Balaikota Jakarta, Rabu (19/12/2012).

Sudjarno mengatakan, hal utama yang perlu diperhatikan Jokowi adalah mengenai rencana menerapkan Car Free Night di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin sampai Medan Merdeka Barat mulai pukul 21.00 WIB (31 Desember) sampai pukul 02.00 WIB (1 Januari). Hal ini menjadi sorotan karena untuk kali pertama Jakarta bebas kendaraan diterapkan di malam hari.

"Ini perlu dibahas oleh tim teknis secara sinergi karena banyak stakeholder yang terlibat, banyak gedung yang bisa dijadikan lahan parkir. Tapi kalau ini berhasil, maka ini menjadi gagasan yang cemerlang," kata Sudjarno.

Sudjarno juga meminta kepedulian dan keterlibatan kelompok masyarakat membantu pengamanan Natal dan malam Tahun Baru. Khususnya pada kegiatan di gereja-gereja yang diharapkan ada andil dari semua masyarakat untuk menciptakan suasana aman dan tenang.

Ia juga mengimbau perlu adanya sinergitas semua unsur, baik Pemda, TNI, Polri, dan komponen masyarakat, untuk menjaga dan memelihara kekondusifan dan ketertiban masyarakat. Rapat hari ini dihadiri oleh semua unsur, yakni Polda Metro, Kodam Jaya, TNI, Kejaksaan, dan DPRD.

Sudjarno juga menyampaikan ada 5.992 personel dari Polda Metro Jaya yang menjaga titik-titik rawan atau berkumpulnya warga yang menikmati suasana pergantian tahun. Jumlah tersebut masih ditambah personel lain yang siap terjun dan standby di tiap-tiap polres atau polsek.

Ada enam titik utama yang menjadi fokus Polda Metro Jaya, yakni Monas, Kebun Binatang Ragunan, TMII, Ancol, Kota Tua, dan Pulau Seribu. Khusus untuk peringatan malam Natal secara nasional di Gelora Bung Karno, Polda Metro siap menerjunkan 433 personel untuk menjaga lokasi tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com