Tanggung Kali Cipinang Jebol, Pemilihan Ketua RT Ditunda - Kompas.com

Tanggung Kali Cipinang Jebol, Pemilihan Ketua RT Ditunda

Firly Anugrah Putri
Kompas.com - 21/12/2012, 21:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanggul kali cipinang yang jebol, tak hanya menyebabkan Jalan Akses Pusdiklat Depnaker, Makasar, Jakarta Timur, sempat tak bisa dilewati, tapi juga membuat hajatan demokrasi warga yaitu pemilihan ketua RT tertunda. Rencananya, warga RT 04 akan memilih ketua RT pada Jumat (21/12/2012) malam ini, sementara RT 02 akan melakukan pemilihan yang sama Sabtu (22/12/2012).

Dua acara tersebut terpaksa ditunda karena warga harus berjibaku dengan banjir bahkan terpaksa mengungsi. Ketua RW 05 Santoso mengungkapkan, jumlah warga yang mengungsi sejak tadi malam mencapai 404 kk dari RT 01, RT 02, RT 04, dan RT 05.

"Saya dan warga berharap agar suku dinas segera memberikan bantuan untuk memperbaiki tanggul yang jebol. Tadi siang memang pihak sudin sudah langsung kesini, katanya akan ada analisa dulu dari data yang mereka ambil dari sini," kata Santoso saat ditemui wartawan di rumahnya, Jumat.

Ia menuturkan, tanggul Kali Cipinang dibangun pemerintah pada tahun 2001 setinggi satu meter. Pada 2006, warga meninggikan tanggul satu meter lagi secara swadaya. Tanggul kembali ditinggikan satu meter secara swadaya pada 2009 karena tak mampu menahan ketinggian air. "Nah pas semalem pukul 02.00 tahu-tahu tanggul jebol. Itu sepertinya karena pondasi tanggul tidak kuat karena terus ditinggikan," kata Santoso.

Selain warga RT 04 dan RT 02, warga empat RT lainnya juga dijadwalkan akan melakukan pemilihan ketua RT. Karena banjir, pemilihan diundur Januari mendatang.

PenulisFirly Anugrah Putri
EditorHeru Margianto
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM