Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangunan Kuno yang Ambruk Bukan Cagar Budaya

Kompas.com - 28/12/2012, 04:08 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bangunan di lantai dua di Jalan Pasar Lama Nomor 11, RT 03 RW 06, Jatinegara, Jakarta Timur, yang ambruk, Rabu (26/12/2012) malam, ternyata bukan cagar budaya. Oleh sebab itu, bangunan tersebut pun bukan tanggung jawab pemerintah.

"Pemiliknya keturunan Tionghoa, mereka ada surat girik yang lama, itu bukan tanggung jawab Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI," ujar Wali Kota Jakarta Timur, HR Krisdianto kepada wartawan, Kamis (27/12/2012) siang.

Meski demikian, Kris membenarkan bangunan yang ambruk tersebut dibangun pada abad ke-19, yakni sekitar tahun 1870-an, berfungsi sebagai pusat perdagangan kala itu. Adapun bangunan itu didirikan bersamaan dengan bangunan tua lain yang berada di sekitarnya.

"Untuk di Jakarta Timur, bangunan cagar budaya hanya ada di Kodim lama, seberang Stasiun Jatinegara," kata Krisdianto.

Meski bukan bangunan cagar budaya, pihaknya turut prihatin atas musibah ambruknya bangunan berdesain Tiongkok tersebut. Kamis siang, melalui perangkat camat dan lurah setempat, penghuni diberikan bantuan sebesar Rp 2 juta. Hingga kini, bangunan kuno tersebut masih dalam kondisi ambruk seperti semula. Puing-puingnya masih berada di sisi luar bangunan.

Kondisi tersebut membuat dua orang penghuni yang berusia lanjut, Bambang Kusnadi (70) dan Khoe Fie Lian (61), tak bisa menempati rumahnya tersebut. Penghuni yang merupakan kakak beradik tersebut terpaksa beraktivitas dan tidur di pos hansip yang hanya berjarak 10 meter dari lokasi rumahnya yang ambruk.

Untuk makan sehari-hari, kedua lansia itu mendapatkan bantuan dari warga serta Binmas Polsektro Jatinegara. Sebelumnya, sebuah bangunan di lantai dua yang dibangun dari zaman Belanda di Jalan Pasar Lama Nomor 11A, RT 03 RW 06, Jatinegara, Jakarta Timur, ambruk, Rabu (26/12/2012) malam. Faktor usia bangunan yang sudah tua ditengarai menjadi pemicu ambruknya bangunan antik itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com