Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Diblokade, KRL Jakarta-Bogor Tak Sampai Pondok Cina

Kompas.com - 14/01/2013, 16:36 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Demonstrasi yang dilakukan kalangan pedagang serta warga dengan menutupi rel kereta api Stasiun Pondok Cina, Depok, Jawa Barat, menyebabkan sejumlah perjalanan kereta api menuju arah Bogor terganggu. Sampai saat ini, massa masih melakukan penutupan dua jalur dengan menduduki rel kereta api. Di Stasiun Manggarai sendiri, Kepala Stasiun Manggarai, Suratman, menuturkan pihaknya sudah menginformasikan dan mengumumkan kepada para penumpang mengenai gangguan perjalanan KRL tersebut.

"Sampai saat ini, pola operasinya hanya sampai Stasiun Pasar Minggu. Yang paling jauh sampai stasiun Universitas Indonesia. Yang seharusnya sampai ke arah Bogor, dikembalikan ke arah Jakarta lagi karena memang dua jalur di Stasiun Pondok Cina masih ditutup," kata Suratman kepada wartawan, di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (14/1/2013).

Sejumlah perjalanan KRL pun menjadi tertahan dan harus berhenti di setiap stasiun yang dilewati sekitar 10 menit. Suratman mengatakan, akibat diblokadenya jalur di Stasiun Pondok Cina, ada KRL yang terpaksa berhenti hingga 30 menit di Stasiun Manggarai. Dia berharap hal tersebut tidak berlangsung hingga jam pulang kerja nanti. Pasalnya, tentu hal itu akan menyebabkan penumpukan penumpang di tiap stasiunnya.

"Kalau di Stasiun Manggarai padatnya jam setengah lima nanti. Harapannya di jam itu sudah tidak lagi ya," ujar Suratman.

Sementara informasi dari pihak stasiun mengumumkan kepada penumpang KRL melalui pengeras suara bahwa perjalan KRL hanya sampai Stasiun Pasar Minggu dan terjauh hanya sampai Stasiun Universitas Indonesia. Hal itu disebabkan di Stasiun Pondok Cina masih banyak kerumunan massa pendemo yang memalangi jalur KA.

Pantauan Kompas.com di Stasiun Manggarai penumpang yang ada relatif masih normal, belum ada penumpukan. Hal ini memang disebabkan belum bertepatan dengan jam pulang kerja. Namun, sejumlah keberangkatan KRL cukup lama untuk diberangkatkan sehingga penumpang harus menunggu lama di dalam KRL dan waktu tempuh menjadi semakin bertambah.

Penumpukan bisa terjadi pada tiap stasiun apabila blokade di Stasiun Pondok Cina tidak teratasi hingga jam padat pengguna layanan KRL sore nanti.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemblokadean rel kereta di Stasiun Pondok Cina menyebabkan sedikitnya delapan KRL lintas Bogor tertahan karena tidak bisa melintas. Wakil Kepala PT KAI Daop 1 Sugeng Priyono, Senin (14/1/2013), mengatakan, delapan KRL itu tidak bisa melintas, baik dari Jakarta tujuan Depok/Bogor maupun arah sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com