Kamis, 30 Oktober 2014

News / Megapolitan

Hercules dan Petinggi Gerindra Temui Basuki

Rabu, 20 Februari 2013 | 22:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menerima kunjungan Ketua Gerakan Raya Indonesia Baru (GRIB) Hercules Rosario. Hercules tidak sendiri, ia didampingi oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI Muhammad Taufik.

Seusai bertemu dengan Basuki, Hercules tak banyak berbicara kepada wartawan. Hercules mengatakan, selama Basuki menjadi Wakil Gubernur DKI, ia belum pernah memberikan ucapan selamat kepada Basuki.

"Selama beliau menjadi Wagub, saya belum pernah ketemu. Kita ucapkan selamat bertugas membangun Jakarta. Saya ke sini bersama Ketua Gerindra DKI dan kita hanya bersilaturahmi. Kita silaturahmi saja sebagai anggota Gerindra," kata Hercules di Balaikota Jakarta, Rabu (20/2/2013) petang.

Sementara itu, Ketua DPD DKI Partai Gerindra M Taufik mengatakan hal serupa. Taufik mengatakan bahwa ia tak hanya sekali mengunjungi Basuki, tetapi sudah untuk yang beberapa kalinya. Pertemuan dengan Basuki tersebut, kata Taufik, merupakan pertemuan sesama kader Partai Gerindra.

"Kita memang rutin bertemu sesama kader dan memang pertemuan barusan untuk silaturahmi," kata Taufik.

Taufik juga memuji gaya khas kepemimpinan Basuki yang terkenal tegas dan galak terhadap oknum-oknum yang memiliki pandangan berbeda dengan Basuki. Ia mengharapkan agar pejabat Pemprov DKI mulai terbiasa dengan ritme kerja Jokowi-Basuki.

"Pak Wagub bagus banget dong. Kalau ada yang terseok-seok, memang belum terbiasa saja. Nanti lama-lama, mau tidak mau mereka juga harus bisa mengikuti ritme kerja sekarang," ujar Taufik.

Tak lama setelah Hercules dan Taufik mengunjungi Basuki, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon pun bertemu dengan Basuki. Pertemuannya berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Kedatangan Fadli ditemani pemain biola legendaris, Idris Sardi. Fadli mengatakan, pertemuan itu hanya bersilaturahim dan sama sekali tak ada hubungannya dengan permasalahan partai atau pemenangan Partai Gerindra pada Pemilihan Umum 2014.

"Tadi silaturahmi saja dengan Pak Ahok (panggilan akrab Basuki) dan saya juga menyumbangkan ide," kata Fadli, Rabu malam.

Fadli mengatakan, Idris Sardi menyumbangkan ide agar konser musik sering dilaksanakan di Jakarta, terutama musik-musik budaya asli Jakarta. Ia menyampaikan hal tersebut kepada Basuki karena Fadli merasa bahwa kebudayaan asli Jakarta semakin lama semakin tergerus oleh budaya barat.

"Saya mengharapkan agar dalam pemerintahan Pak Jokowi-Pak Basuki ini dihidupkan kembali budaya Jakarta-nya, terutama musik-musik tradisionalnya, dapat melalui festival atau karnaval budaya," kata Fadli.

Ketika ditanya mengenai kunjungan Hercules, Fadli mengaku tak tahu dan ia juga mengaku tidak bertemu Hercules dan Taufik di Balaikota. "Oh ya? Saya tidak tahu tuh, beneran. Ya, mungkin mau silaturahmi saja, kan tidak apa-apa silaturahmi," kata Fadli.

Sementara itu, Basuki menyampaikan bahwa pertemuannya dengan tamu-tamu dari Gerindra itu sebatas silaturahim. "Hercules kan Ketua GRIB, masih ada hubungannya dengan Gerindra. Tadi cuma mengobrol saja, tidak ada yang lain," kata Basuki seraya meninggalkan wartawan.


Penulis: Kurnia Sari Aziza
Editor : Laksono Hari W