Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Swedia Temui Basuki Bahas "Symbiocity"

Kompas.com - 21/02/2013, 13:25 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Swedia untuk Indonesia Ewa Polano menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Sama seperti pertemuan awal pihak Swedia dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, keduanya membahas konsep symbiocity untuk diterapkan di Jakarta.

Symbiocity ini sudah terkonsep di Swedia dan beberapa kota lainnya di Indonesia. "Kami menawarkan sebuah konsep sistem symbiocity yang berlanjut pada kota Jakarta sebagai smart city," kata Ewa Polano di Balaikota Jakarta, Kamis (21/2/2013).

Terkait konsep symbiocity, Ewa menjelaskan pihaknya sudah menerapkan proyek ini di beberapa kota besar di dunia, khususnya di negara-negara yang padat penduduk seperti Indonesia dan kota yang sangat besar yaitu Jakarta. Pemerintah harus mampu memecahkan masalah pasokan air bersih, manajemen air, transportasi massal maupun kesehatan masyarakat.

Swedia bersama Pemprov DKI Jakarta akan membentuk komite bersama terkait rencana pengembangan konsep symbiocity tersebut. "Itulah konsep symbiocity. Hal ini merupakan cara berpikir dan perencanaan yang akan kita bicarakan lebih lanjut," kata dia.

Sebelumnya, Perdana Menteri Swedia Frederik Reinfeldt saat kunjungan kerja ke Indonesia beberapa waktu lalu, bertemu Jokowi. Jokowi pun mengajak Reinfeldt untuk berkeliling melihat objek wisata khas Jakarta, yaitu Monumen Nasional (Monas). Ia juga berkeinginan untuk meningkatkan kerjasama dengan Jakarta dalam proyek pembangunan kota berkelanjutan atau symbiocity.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com