Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Korban Kebakaran Pademangan Dirujuk ke RS Koja

Kompas.com - 26/02/2013, 03:37 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang warga Pademangan yang menjadi korban kebakaran harus dilarikan ke RSUD Koja untuk mendapatkan perawatan. Dia menjadi salah satu dari 15 korban yang mendapatkan cedera serius saat berupaya memadamkan api.

"Terpaksa kami rujuk ke RS Koja untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik," kata Lela Dwi Sary, di Posko Kesehatan Pengungsian korban kebakaran di GOR Pademangan, Jakarta Utara, Senin (25/2/2013).

Lela menerangkan, korban tersebut bernama Wagiyono (25). Rumahnya tidak terkena amuk api pada Minggu (24/2/2013) pagi. Namun, karena peduli terhadap tetangga lain, ia ikut membantu memadamkan api dari atap salah satu rumah.

"Tiba-tiba atapnya roboh dan dia terperosok ke api," terang Lela yang sehari-hari berdinas di Puskesmas Pademangan.

Wagiyono kemudian dilarikan ke Puskesmas Pademangan untuk menjalani perawatan. Ia mengalami luka bakar 15 persen. Kedua kakinya terbakar dari telapak hingga betis. Setelah menjalani perawatan, ia telah kembali untuk beristirahat di lokasi pengungsian di GOR.

"Tapi, pagi tadi suhu tubuhnya naik, demam tinggi, makanya kami larikan ke rumah sakit," sambung Lela.

Selain Wagiyono, ada 14 korban lain yang mengalami luka bakar dan luka akibat terkena benda tajam saat berupaya memadamkan api. Namun, 14 orang lainnya bisa ditangani di tingkat puskesmas. Sementara itu, Posko Kesehatan didirikan di lokasi pengungsian selama 24 jam. Satu unit mobil ambulans juga siaga di lokasi tersebut.

Hingga Senin ini, ada sekitar 260 warga yang ditangani petugas posko. Menurut Lela mereka rata-rata mengalami gangguan pernapasan akibat dikepung asap tebal saat kebakaran. "Karena asap juga banyak anak-anak yang kena batuk dan pilek," pungkas Lela.

Kebakaran hebat melanda pemukiman padat di RT 08 & 14 RW 12 Pademangan Barat, Minggu (24/2) pagi. Kebakaran berlangsung sejak pukul 08.45 dan baru bisa dipadamkan sekitar pukul 10.30 WIB. Sebanyak 413 KK dengan 1.246 jiwa kehilangan tempat tinggal sebagai imbas dari kebakaran hebat tersebut.

Lokasi kebakaran hari ini telah dikunjungi Gubernur DKI Joko Widodo dan Wali Kota Jakut Bambang Sugiyono. Keduanya juga membawa bantuan bagi para korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com