Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebentar Lagi, Jakarta Punya Masjid Raya

Kompas.com - 06/03/2013, 17:21 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak lama lagi, Jakarta akan memiliki masjid raya. Hal ini terwujud setelah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berencana membangun masjid raya di Jakarta Barat pada tahun ini.

Wali Kota Jakarta Barat Burhanuddin mengatakan, masjid megah tersebut akan dibangun di lahan seluas 12 hektar milik pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Lokasinya di Jalan Daan Mogot, tepatnya di perbatasan antara Kelurahan Duri Kosambi dan Kelurahan Rawa Buaya. Pembangunan masjid menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2013.

Menurut Burhanuddin, jika Masjid Istiqlal di Jakarta menjadi ikon masjid nasional, masjid baru di Jalan Daan Mogot itu akan mempunyai masjid raya yang menjadi ikon Ibu Kota. Masjid tersebut akan dibangun bersamaan dengan pembangunan rumah susun di sekitar masjid raya tersebut.

Ia mengatakan, Pemprov DKI Jakarta kini tengah mendiskusikan mengenai waktu yang tepat untuk membangun masjid tersebut. Pembangunannya menunggu waktu pencairan dana APBD, yang baru disahkan beberapa waktu lalu.

"Semuanya sudah disiapkan. Saat ini kita masih cari desain arsitektur masjidnya saja," kata Burhanuddin saat dihubungi Kompas.com, Rabu (6/3/2013).

Pembangunan masjid raya ini merupakan salah satu cara Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk menonjolkan ciri khas kota. Selain mendirikan masjid raya di Jakarta Barat, Jokowi juga berencana merevitalisasi makam Pangeran Jayakarta di Pulogadung dan gedung bersejarah eks Markas Komando Distrik Militer di Jatinegara. Jokowi juga merevitalisasi rumah adat Betawi di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Jokowi berjanji, revitalisasi permukiman penduduk asli Betawi itu dapat selesai dalam kurun waktu dua tahun ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com