Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi MKRI Belum Dapat Izin LBH

Kompas.com - 25/03/2013, 12:38 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Aksi Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia (MKRI) yang bakal digelar di pelataran parkir Gedung LBH Jakarta belum mendapat izin. Imbasnya, panggung berukuran sekitar 3 x 7 meter untuk titik konsentrasi aksi terpaksa digotong keluar dari Gedung LBH.

Seorang pegawai LBH Jakarta mengatakan, sampai saat ini, pihaknya belum menerima surat izin penggunaan tempat untuk menggelar aksi. MKRI menggelar aksi pembagian sembako dan orasi di lokasi tersebut.

"Kita belum terima suratnya (izin), jadi ya enggak bisa ngasih izin," kata pegawai yang menolak disebutkan namanya, Senin (25/3/2013).

Semula, persis di pelataran parkir, di depan pintu utama Gedung LBH, berdiri sebuah panggung aksi. Namun begitu, sekitar pukul 10.30 WIB, panggung tersebut digotong untuk dipindah posisinya. Saat ini, panggung ditempatkan di Jalan Diponegoro, di luar Gedung LBH.

Ditemui di lokasi, Aktivis MKRI, Iwan Fordi Silalahi, menjelaskan, izin yang mengganjal aksi MKRI adalah izin menggelar demo dengan orasi. Sebab, menurutnya, MKRI telah meminta izin untuk acara pembagian 5.000 paket sembako.

"Kita terbentur izin berorasi karena izinnya hanya pembagian sembako," kata Iwan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, sekitar seratusan warga berkumpul di pelataran parkir Gedung LBH Jakarta. Para warga berkumpul menyusul menyebarnya informasi rencana pembagian sembako oleh MKRI.

Seperti diketahui, aksi yang digelar MKRI merupakan aksi yang digadang-gadang akan berbentuk demo besar. Bahkan, sempat mencuat isu mengudeta kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Namun, di lokasi, belum tampak ada konsentrasi massa yang besar. Situasi cukup kondusif dan arus lalu lintas di Jalan Diponegoro masih ramai lancar.

Para warga yang berdatangan ke Gedung LBH sejak pukul 08.00 WIB sebagian besar merupakan warga di sekitar Salemba, Matraman, dan Manggarai. Rata-rata warga adalah ibu-ibu rumah tangga yang membawa serta anaknya.

Sementara itu, puluhan polisi gabungan dari Polsek Menteng, Polres Jakarta Pusat, dan Brimob terlihat berjaga di sekitar Gedung LBH. Kapolsek Menteng AKBP Subandi mengatakan, pihaknya sengaja menurunkan anggota untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. "Kita siapkan pengamanan dan lalu lintas," Subandi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com