Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Saya Bingung "Ngomongin" Indonesia Baru

Kompas.com - 11/04/2013, 11:40 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Saat memberikan kuliah umum di Universitas Pelita Harapan (UPH), Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo disambut dengan spanduk bertuliskan "Indonesia Baru". Jokowi yang hanya menyiapkan bahan kuliah "Jakarta Baru" menjadi bingung dibuatnya.

"Saya bawa bahan kuliah umum soal Jakarta Baru, ini tahu-tahu ada Indonesia Baru. Saya bingung mau ngomongin apa," kata Jokowi di kampus UPH, Karawaci, Tangerang, Kamis (11/4/2013). Ucapan Jokowi itu langsung mengundang gelak tawa peserta kuliah umum.

Namun begitu, Jokowi tetap menyampaikan sedikit pandangannya tentang Indonesia Baru, Indonesia ke depan. Menurutnya, negara ini memerlukan pemimpin dengan visi yang jelas, pemimpin yang adil, tahan banting, dan tidak elitis.

Ia memberi contoh, di mana dirinya mengklaim sukses saat menertibkan bangunan di bantaran Sungai Pakin, Jakarta Utara. Dalam penertiban itu, kata Jokowi, tak ada satu warga pun yang menolak meski bangunannya dirobohkan enam meter dari bibir sungai.

"Enggak ada penolakan karena saya adil, rumah yang kecil dan besar kita perlakukan sama. Enggak cuma yang kecil, yang besar juga harus ditertibkan kalau melanggar," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com