Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi-Ahok, Mampirlah ke Rumah Si Pitung...

Kompas.com - 12/04/2013, 00:10 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Rumah Si Pitung ada di Jalan Kampung Marunda Pulo, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Ya, ini rumah sang jawara itu. Lokasinya tak jauh dari Rusun Marunda yang kerap jadi bahan pemberitaan. Namun, belum sekali pun Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo -Basuki Tjahaja Purnama pernah menyinggahinya meski keduanya kerap datang ke Rusun Marunda.

"Saya dengar Gubernur dan Wagub sering ke situ (rusun). Maunya sih sesekali mampirlah kemari, kan cuma ratusan meter dari rusun," harap Farhan, penjaga Rumah Pitung, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, saat ditemui Kompas.com, Kamis (11/4/2013). Dia mengatakan, kedua pimpinan baru Jakarta itu belum pernah singgah. Pejabat yang terhitung sering datang ke rumah tokoh legendaris masyarakat Betawi itu hanyalah Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono.

Rumah Si Pitung memang telah mendapat perhatian khusus pemerintah sejak 1972, yakni pada periode kepemimpinan Gubernur Ali Sadikin. Tempat persinggahan musuh kompeni itu kemudian ditetapkan sebagai cagar budaya berdasarkan Perda DKI Jakarta No 9 Tahun 1999.

Ada satu bangunan utama di kompleks ini yang disebut sebagai Rumah Si Pitung. Dua bangunan lain baru dibangun kemudian dengan bentuk dan desain yang relatif sama. "Dua bangunan yang di belakang baru dibangun pada 2010," sebut Farhan yang bertugas sebagai penjaga sejak 2005.

Menurut Farhan, rumah ini lumayan ramai dikunjungi wisatawan, terutama turis domestik. Wisatawan mancanegara belum banyak yang tertarik berkunjung ke sana. Kunjungan biasanya ramai di akhir pekan dengan pelajar mendominasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com