Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keselamatan Berkendara

Kompas.com - 13/04/2013, 02:20 WIB

Sebagai pebalap yang sehari-hari berurusan dengan kecepatan mobil dan menghadapi risiko kecelakaan, Rifat Sungkar (34) sangat peduli terhadap urusan keselamatan berkendara. Ia pun rela mengajar dan membuat sekolah khusus untuk hal yang satu ini.

Ditemui di sela-sela balapan Kejurnas GT Radial Savero Komodo Speed Offroad 2013 di Lampung beberapa waktu lalu, pereli internasional ini mengatakan, sekolah mengemudi Rifat Driving School dia rintis mulai tahun lalu.

Di sekolah itu, selain sebagai ”kepala sekolah”, Rifat juga menjadi guru bersama sejumlah instruktur profesional.

Rifat bahkan menyempatkan diri memperdalam ilmu keselamatan berkendara di Belanda, di sela-sela mengikuti kejuaraan reli dunia tahun lalu.

”Saya mengajarkan safety hingga ke tingkat elite dan professional driving. Para pesertanya mayoritas dari perusahaan,” kata Duta Keselamatan Berkendara dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang juga memiliki sekolah khusus drifting ini.

Sekolah yang dirintisnya tersebut tak sekadar mengajarkan ”kebut-kebutan”.

”Sebaliknya, hal paling mendasar bagi pengemudi dan pebalap adalah bagaimana berkendara dengan aman,” ujar Rifat, suami dari pemain film Sissy Priscilia ini. (JON)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com