Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggul Jebol di Jatiasih Rendam Dua RW

Kompas.com - 17/04/2013, 22:28 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya, Rabu (17/4/2013), mengakibatkan jebolnya tanggul di Perumahan Puri Nusa Pala, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat. Dua RW yang berada di area tersebut terendam air.

"Kami mendapat laporan tanggul jebolnya pukul 20.00 WIB. Dua RW yang terendam, yaitu RW 19 dan RW 12," ujar Ketua Forum Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Bekasi, Engkus Kustara, saat dihubungi Kompas.com, Rabu malam.

Berdasarkan laporan anak buahnya di lapangan, Engkus mengatakan, ketinggian air saat tanggul jebol mencapai 80 sentimeter. Namun, karena warga perumahan tersebut telah waspada, sejumlah kendaraan roda dua dan empat serta barang berharga dipindah ke tempat yang lebih tinggi. Beberapa orang yang mengetahui jebolnya tanggul tersebut pun sempat menyelamatkan anak-anak, terutama bayi, ke rumah tetangga atau kerabat yang memiliki rumah tingkat dua.

Hingga pukul 22.15 WIB, air berangsur-angsur turun hingga 30 sentimeter karena air mengalir cukup deras. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, tetapi rumah warga terendam menyisakan lumpur.

"Warga perumahan sudah mulai membereskan rumahnya masing-masing dari sampah. Situasi kondusif, cuaca terakhir pun dilaporkan hanya rintik-rintik dan cukup cerah," kata Engkus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com