Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari 5 Hari Fransiskus di Puncak Menara Sutet

Kompas.com - 20/04/2013, 17:58 WIB
Fransiskus Pati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lebih dari lima hari Fransiskus berada di puncak menara saluran udara tegangan ekstra tinggi (sutet) di depan Pasar Senen Jakarta. Pria asal Flores, Nusa Tenggara Timur, itu memanjat sutet pada Senin (15/4/2013) sekitar pikul 04.00 WIB.

Dari pantauan Kompas pada Sabtu (20/4/2013), Fransiskus masih terlihat di puncak menara. Ia mengenakan jaket hitam dan celana panjang hitam. Ia bertahan di ketinggian yang hampir mencapai 50 meter, menahan terik matahari serta hujan, yang sempat mengguyur Jakarta pada Rabu dan Kamis (18/4/2013).  

Sahabat Fransiskus, Maria Kristina (39), mengatakan, Fransiskus akan tetap bertahan di puncak menara, selama pemerintah belum memenuhi tuntutan mereka.

Kristina mengungkapkan, ia adalah korban dari proyek pembangkit listrik tenaga uap panas bumi yang berlokasi di Kabupaten Ngada, NTT.  

"Setelah proyek itu berjalan, belum ada realisasi yang jelas tentang ganti rugi lahan. Selain itu menimbulkan dampak lingkungan yang luar biasa," ujar Kristina.  

Kristina mengakui, dirinya pernah bertemu dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan pada Selasa (16/4/2013). "Apa yang disampaikan Bapak Menteri pada hari itu, berbeda lagi dengan yang disampaikan pada keesokan harinya," tambah Kristina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com