Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Klaim Telah Setransparan Basuki

Kompas.com - 26/04/2013, 10:35 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengaku telah cukup transparan dalam hal melaporkan kekayaan pribadi maupun pengelolaan anggaran operasionalnya sebagai pemimpin Jakarta. Bahkan, dia mengklaim telah setransparan wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama.

Untuk diketahui, dalam situs pribadinya (www.ahok.org), Basuki menampilkan seluruh harta kekayaannya, mulai dari giro, aset bergerak, sampai urusan piutang. Tak hanya itu, dana operasional Wakil Gubernur juga dilaporkan cukup detail.

Dalam waktu tiga bulan, Januari-Maret 2013, Basuki menghabiskan lebih dari Rp 2 miliar dari tunjangan operasional tersebut. Dana sebesar itu dia habiskan untuk penunjang tugasnya dan untuk kegiatan sosial.

Saat dijumpai di sela-sela kesibukannya, di Balaikota Jakarta, Jumat (26/4/2013) pagi, Joko Widodo mengaku telah melakukan hal serupa. Semua harta kekayaan sampai penggunaan tunjangan operasional telah dia laporkan ke Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan untuk selanjutnya ditampilkan dalam situs web resmi Pemprov DKI Jakarta (www.jakarta.go.id).

"Sudah kok, semuanya ada di situ (situs web), sama kayak Pak Wagub," kata pria yang akrab disapa Jokowi itu.

Namun, mantan Wali Kota Surakarta itu meminta semua memaklumi bila dalam situs web itu tak bisa diakses sampai satuan ketiga. Alhasil, informasi keuangan Gubernur tak dapat diketahui detail. "Oh iya, kalau saya beri tahu sampai pengeluaran pribadi nanti malah kaget. Tapi, saya siap transparan kok, enggak ada masalah," ujarnya.

Berita terkait, baca :

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com