Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Ibaratkan PKK seperti Mesin

Kompas.com - 12/06/2013, 10:45 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyebut Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai mesin yang bisa memperbaiki semua. Jokowi pun menegaskan pentingnya organisasi yang berbasis masyarakat tersebut.

"Ini adalah organisasi yang besar. Punya struktur dari atas sampai ke bawah. Kalau mesin ini bisa digerakkan, akan menjadi sebuah mesin yang bisa memperbaiki semua," ujar Jokowi saat menghadiri bulan puncak PKK di Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (12/6/2013) pagi.

Jokowi mengungkapkan, organisasi PKK memiliki fungsi pemberdayaan masyarakat, mulai dari lingkungan, pengelolaan sampah, hingga pendekatan komunikasi di antara tetangga. Oleh sebab itu, ia telah berpesan kepada pejabat terkait untuk mengakomodasi organisasi itu agar tetap berjalan.

"Saya yakin ini bisa dilakukan. Saya sudah bilang ke kepala dinas agar organisasi yang ada ini dibutuhkan untuk kepentingan rakyat," ujarnya.

Mantan Wali Kota Surakarta itu pun sekaligus mengungkapkan apresiasi positifnya terhadap masyarakat yang telah bertahun-tahun turut serta dalam organisasi PKK. Ia berharap rasa kecintaan masyarakat yang berperan serta di PKK mampu memberikan efek positif lingkungan.

Melihat realitas bahwa acara puncak bulan bakti PKK itu digelar di kolong jembatan Tol Penjaringan yang mengarah ke Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Jokowi pun menjelaskan, dirinya sengaja memilih lokasi tersebut sebagai tempat acara.

"Kita ingin melihat sebuah realitas. Masih ada yang seperti kita lihat tadi dan itulah yang perlu diperbaiki. Yang perlu diberi perhatian," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com