Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saya Senang Jualan di Sini, Pak Basuki"

Kompas.com - 14/06/2013, 23:27 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mengenakan baju koko putih berlengan panjang, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membuka Pekan Produk Kreatif Daerah (PPKD) 2013, di Monumen Nasional, Jumat (14/6/2013), dengan memukul bedug selama satu menit. Setelahnya, Ahok berkeliling melihat stan.

Di salah satu stan yang menjual aneka makanan khas Betawi, yaitu kerak telor dan bir pletok, Ahok berbincang dengan pemiliknya.

"Gimana, Bu, senang enggak jualan di sini," tanya Ahok.

"Senang, Pak, gratis enggak kaya di Kemayoran, mahal," ujar sang penjual.

Mendengar itu, Ahok tersenyum sambil mengangguk-angguk kepala.

Seusai berkeliling, Ahok mengatakan kepada wartawan bahwa kawasan Monas memang diproyeksikan Pemprov DKI Jakarta untuk menjadi pusat produk kreatif masyarakat Jakarta. Ia pun mengaku yakin, jika kegiatan UKM warga DKI Jakarta dilaksanakan secara terpusat, kesejahteraan warga akan meningkat.

"Coba kita lihat. Produk kreatif yang dihasilkan, tapi bagaimana mempromosikan barang ini, tempatnya tidak ada," ujar Ahok.

Ahok juga mengungkapkan tahun ini Pemprov DKI Jakarta  telah mengusulkan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah untuk merencanakan secara detail pembangunan "Monas Bawah Tanah", yang akan mulai dibangun pada 2014.

Menurutnya, jika pembangunan "Monas Bawah Tanah" jadi dilakukan, usaha kecil menengah di DKI memiliki tempat usaha yang strategis sekaligus meningkatkan nilai pariwisata Ibu Kota.

"Di Jakarta ini, kalau ada tempat, semuanya bisa jadi kaya raya dan berhasil," ujarnya optimistis.

PPKD 2013, menurut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, merupakan embrio pesta rakyat yang akan digelar pada 2014. PPKD 2013 menampilkan berbagai hal tentang Betawi, antara lain teater Betawi, pencak silat, lenong Betawi, dan tari-tarian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com