Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telan Biskuit, Siswa SMP Tewas

Kompas.com - 09/01/2008, 05:26 WIB

KOJA, WARTA KOTA - Siswa kelas satu SMP, Ridwan Aziz (12), tewas setelah memakan biskuit. Ada dugaan bocah tersebut keracunan namun dokter menduga ada benda asing yang tertelan oleh korban.

Aziz mengembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Koja, Jakarta Utara, Selasa (8/1) pagi. Siswa kelas 1 SMPN 114 tersebut meninggal di ruang ruang unit gawat darurat (UGD) saat dokter di rumah sakit itu berusaha keras menyelamatkannya.

Menurut keluarga korban, awal peristiwa tersebut adalah Aziz tersedak biskuit saat bermain playstation (PS). Kemarin pagi, Aziz bersama empat saudaranya bermain playstation di rumahnya di Jalan Mawar Dalam, RT 01/11 Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara. Keempat kerabat Aziz itu adalah Rio (9), Alif (7), Gibran (3), dan Anggi (13). Mereka bermain PS sambil menikmati biskuit.

Di tengah permainan, Aziz tersedak atau keselek. Aziz pun bergegas masuk ke salah satu kamar di rumahnya. Tak lama kemudian, Rio menyusul ke kamar tersebut. "Di kamar itu Bang Aziz muntah-muntah," ujar Rio, kemarin.

Selain muntah-muntah, Aziz juga kejang-kejang. Saat itu Aziz dalam posisi terlentang di ranjang. Rio pun bergegas menemui tantenya, Qoriah, dan memberitahukan kondisi Aziz.

Aziz lalu dibawa ke klinik Yayasan Yakri yang letaknya tak jauh dari rumah korban. "Waktu saya tolong, mulut dan hidung Aziz mengeluarkan cairan seperti cairan muntah. Dari lubang belakang juga keluar kotoran," ujar Qoriah.

Karena kondisi Aziz sangat memprihatinkan, petugas medis di klinik Yayasan Yakri minta Aziz dibawa ke RSUD Koja. Sekitar pukul 09.00, Aziz tiba di ruang UGD RSUD Koja. Aziz pun ditangani serius. Tetapi nyawa anak bungsu pasangan Supriyanto-(alm) Hadijah itu tidak tertolong.

Qoriah mengaku dia dan keluarganya sempat mengira Aziz meninggal karena keracunan biskuit yang dimakan korban. "Tapi, kalau Aziz keracunan, kok yang lain enggak apa-apa," katanya. Menurut Qoriah, biskuit tersebut tak disantap Aziz sendirian. Rio dan ketiga bocah lainnya juga makan biskuit yang sama. "Saudara-saudaranya juga makan biskuit itu," imbuhnya.

Benda asing

Dokter Hermansyah, dokter di UGD RSUD Koja, menjelaskan hasil pemeriksaan medis menunjukkan Aziz meninggal karena aspirasi yakni masuknya benda asing ke saluran pernapasan korban. "Ada benda asing masuk ke saluran pernafasannya," katanya. Menurut Hermansyah, kasus seperti itu bisa terjadi karena korban atau pasien makan dalam posisi yang tidak tepat, misalnya makan dalam posisi berbaring.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com