Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan-jalan ke Belanda, Foke Pelajari Soal Banjir

Kompas.com - 08/02/2009, 11:55 WIB

Laporan wartawan Kompas Suhartono dari Den Haag

DEN HAAG, MINGGU — Pemerintah Ibukota DKI Jakarta harus meniru apa yang dilakukan Pemerintah Belanda untuk mengatasi banjir akibat mencairnya gletser di Pegunungan Alpen dan penurunan permukaan tanah yang sekarang ini terjadi. Yaitu, adanya komite yang mengantisipasi terjadinya hal-hal buruk selama 50 tahun ke depan.

Oleh sebab itu, menurut Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, saat ditanya pers, seusai bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla dan Kepala BKPM Muhammad Lutfi bertemu dengan Perdana Menteri Belanda Jan Peter Balkenender, Sabtu (7/2) di Hotel Crown Plaza Promenade, Pemprov DKI Jakarta akan mengirim tim untuk belajar bagaimana cara Pemerintah Belanda mengatasinya.

"Persoalan cairnya gletser di Pegunungan Alpen dan turunnya permukaan tanah di Belanda hampir sama dengan yang terjadi di DKI Jakarta yang sering kebanjiran. Oleh karena itu, kami datang untuk melihat dan belajar bagaimana mereka bisa mengatasinya secara bertahun-tahun dengan manajemen air itu. Sampai sekarang  Belanda adalah sumber pengetahuan untuk water management di dunia," ujar Fauzi.

Fauzi menegaskan, "Kami akan kirim tim teknis untuk mempelajari komite tersebut yang bisa menyiapkan antisipasi terjadinya hal-hal buruk di masa datang."

Tentang bantuan Pemerintah Belanda, Fauzi mengatakan, pemerintah Belanda telah menghibahkan dua kapal keruk mini yang sangat bermanfaat. Kapal keruk mini bisa mengeruk saluran yang dangkal di berbagai saluran yang ada di DKI Jakarta, terutama di bawah jembatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com