Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprindo: Pemprov DKI Tak Dukung Jakarta Great Sale

Kompas.com - 17/06/2009, 18:29 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com — Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) menilai Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak serius dalam mendukung penyelenggaraan Jakarta Great Sale 2009 yang akan dilaksanakan 18 Juli sampai 18 Agustus 2009.

"Omong kosong kalau pemerintah mendukung Jakarta Great Sale," kata Ketua Harian Aprindo, Tutum Rahanta, di Singapura, Rabu (17/6).

Jika Pemprov peduli dengan Jakarta Great Sale, kata Tutum, sudah seharusnya Pemprov memberi insentif kepada asosiasi dan pedagang agar mau terlibat dalam bulan diskon belanja tersebut. Namun pada kenyataannya, tidak ada insentif seperti pengurangan dan peniadaan pajak dari pemerintah. "Pemerintah itu ingin hajatan (Jakarta Great Sale), tapi tidak mau mengeluarkan duit, malah kami tetap ditarik pajak," lanjutnya.

Dia mencontohkan Singapura Great Sale. Di Singapura, kata dia, pemerintah membantu pusat perbelanjaan dengan mempromosikan dan membebaskan pajak untuk promosi tersebut.

Pemprov DKI Jakarta menggelar Jakarta Great Sale bulan sebagai untuk menarik wisatawan nusantara dan mancanegara. Pemprov tahun ini menargetkan kunjungan wisatawan asing sebanyak 1,6 juta orang. Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta, pada tahun 2008 jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Jakarta tercatat 1,53 juta atau melampai target yang hanya 1,3 juta orang. Jumlah wisatawan nusantara tahun lalu juga melampau target. Total wisnus sebanyak 15,74 juta orang, sementara targetnya hanya 15 juta orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com