Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oknum TNI Diduga Ikut Membobol ATM

Kompas.com - 20/06/2009, 05:49 WIB
 

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang oknum anggota marinir, Sersan Mayor Sht, diduga terlibat pembobolan anjungan tunai mandiri. Sht ditangkap bersama lima pelaku lainnya, Kamis (18/6) pukul 10.00 di Asrama Marinir Karang Pilang, Surabaya, Jawa Timur.

Demikian disampaikan Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar M Iriawan kepada pers di Polda Metro, Jumat.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI-AL Laksamana Pertama Iskandar Sitompul yang dihubungi pada Kamis malam mengatakan segera meneliti kebenaran kasus tersebut. Saat ini pihaknya tengah mengonfirmasikan kasus itu ke Kesatuan Marinir di Karang Pilang tempat Sht bertugas.

Disita senjata api

Sementara itu, dari tangan para pelaku disita 3 revolver, 4 senjata api lainnya, linggis, perangkat las, golok, dan mobil Kijang kapsul. Polisi juga menyita empat mesin ATM yang telah dipotong-potong beserta kartu-kartu ATM.

Kelompok yang dikenal sebagai Kelompok Christ John ini ditangkap oleh anggota Polda Metro dan Polda Yogyakarta. Wilayah operasi mereka mesin-mesin ATM di Jakarta dan Surabaya yang sepi pengamanan.

Rumah mewah

Di tempat terpisah, spesialis pembobol rumah mewah, Danang, Tono, Dana, dan Sunar alias Robert, ditangkap polisi di dua lokasi, yakni di Semanan, Jakarta Barat, dan di Tangerang, Banten.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Subandi menjelaskan, dalam aksinya, kelompok asal Indramayu ini berpura-pura menjadi petugas Perusahaan Listrik Negara, lengkap dengan identitas palsu dan perangkat yang biasa dibawa petugas. Mereka beraksi pada siang hari, mengincar rumah-rumah mewah yang hanya ditunggu oleh pembantu rumah. (NIC/WIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com