Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Sekitar Kita

Kompas.com - 14/08/2009, 06:13 WIB
 
 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Kepolisian Wilayah Bogor Komisaris Besar Agung Sabar Santoso meminta masyarakat agar lebih waspada terhadap perilaku aneh tetangga sekitarnya. Sementara itu, polisi belum dapat memastikan pemilik sejumlah bahan kimia di Cimahpar, Bogor Utara, Kota Bogor.

”Kita semua harus meningkatkan kewaspadaan. Periksalah

dan perhatikanlah apakah di lingkungan kita ada orang-orang yang berperilaku aneh atau orang lama yang berubah perilakunya,” tutur Agung, Kamis (13/8).

Hal itu ditegaskan Agung di Kepolisian Resor Kota Bogor dalam pelaksanaan Operasi Waspada Pangrango.

”Saya mengharapkan anggota kepolisian dan keamanan dapat mendeteksi dini masalah yang ada di lapangan,” katanya.

Dia juga meminta para pemilik hotel atau tempat hiburan mengevaluasi sistem keamanan di lingkungan tempat usaha mereka masing-masing. Berdasarkan pengamatannya, sistem keamanan di lingkungan hotel atau tempat hiburan/wisata masih belum bagus. ”Yang sudah pakai kamera CCTV kualitas kamera pengintainya masih rendah. Aman itu memang tidak murah,” ujar Agung.

Belum diketahui

Berkenaan dengan penemuan bahan-bahan kimia yang diduga bahan baku bom di Kampung Bojong, Kecamatan Cimahpar, Bogor Utara, Kota Bogor, menurut Kepala Polwil, pihaknya sudah meminta keterangan enam orang saksi. Namun, tetap saja belum diketahui siapa pemilik bahan kimia itu dan bagaimana sampai ke gubuk atau gudang kontrakan milik Ugi Sugiharto (47).

Bahkan, berangkat dari keterangan Ugi pun, pihaknya belum bisa menyimpulkan bahwa pemilik bahan kimia itu adalah salah seorang teroris yang ditembak mati di Jatiasih, Bekasi.

Jenis bahan kimia yang ditemukan adalah soda api 5 kg, NA Sulfiden 2 kg, belerang 1 kg, hidrogen peroxidun, ziolid 6 kg, cairan asam 1 jeriken, dan pipa-pipa paralon.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com