Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Pusat Kekurangan 1.437 Ha Lahan RTH

Kompas.com - 11/11/2009, 10:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat terus berupaya memenuhi target 30 persen ruang terbuka hijau (RTH). Untuk mencapai target RTH dari luas wilayah 4.790 hektar, dibutuhkan 1.437 hektar lahan. Saat ini berbagai upaya terus dilakukan untuk memenuhi target tersebut.

Kasudin Pertamanan Jakarta Pusat Suzy Masitawati mengatakan, pada 2009 ini RTH yang sudah terbangun seluas 260 hektar sehingga masih kurang 1.177 hektar lagi lahan yang belum digarap untuk RTH.

Langkah Pemprov DKI menertibkan SPBU di jalur hijau untuk dikembalikan ke fungsinya menjadi RTH dimungkinkan dapat menambah jumlah luas RTH.

"Dari sembilan SPBU di jalur hijau yang ditertibkan itu diprediksi dapat menyumbang RTH seluas 10.505 meter persegi," katanya, Selasa (10/11).

Meski akan ada penambahan RTH dari penutupan sembilan SPBU itu, kata Suzy, jumlah tersebut belum dapat memenuhi angka 30 persen. "Masih sangat kurang jika dibandingkan dengan target kebutuhan RTH di wilayah Jakarta Pusat yang mencapai 30 persen dari luas wilayah," katanya.

SPBU di jalur hijau yang telah ditertibkan itu antara lain di Jalan Abdul Muis, Tanah Abang, Jalan Sumenep, Menteng, kawasan Kwitang, dan Jalan Kramat Raya, Senen. Pembangunan RTH di bekas lahan SPBU ini akan dilakukan mulai tahun 2010.

Nantinya, kekurangan RTH ini akan diupayakan melalui pengadaan taman-taman interaktif, utamanya yang berlokasi di tengah-tengah permukiman warga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com