Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah, Enam Rumah Mewah di Puri Indah Disegel

Kompas.com - 02/12/2009, 15:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedikitnya tujuh rumah mewah di kawasan Perumahan Puri Indah, Kembangan, Jakarta Barat diduga telah beralih fungsi. Sayangnya, dari jumlah tersebut petugas baru menyegel satu rumah yang dijadikan rumah makan Gerobak Betawi di Jalan Puri Indah Raya Blok A3/3B. Penyegelan dilakukan pada Rabu (2/12) oleh aparat Sudin Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) Jakarta Barat.

Sedangkan keenam rumah mewah lainnya hingga kini belum dilakukan penyegelan. Masing-masing terdapat di Jalan Puri Indah Raya Blok A3/2 yang digunakan sebagai tempat kursus Inlingua. Kemudian di Blok A3 nomor 3 dijadikan Restoran Pane Cook, di Blok A3/3A sebagai tempat kursus Nexgen dan di Blok H1/3A dijadikan sebagai TK Tiara serta di Blok L1/27 dijadikan Apotek Yasti.

Sedangkan gedung sekolah Spring Field yakni di Blok C8/14 berjanji akan pindah ke tempat lain pada Juni 2010.

Kepala Suku Dinas P2B Jakarta Barat, Indrajit, berjanji segera menyegel keenam rumah yang telah beralih fungsi tersebut. Dia juga mengultimatum agar seluruh bangunan tersebut dikembalikan fungsinya seperti semula, yakni sebagai tempat hunian.

“Satu rumah sudah kami segel, sedangkan yang lainnya telah kami layangkan surat peringatan agar segera menutup usahanya," ungkap Indrajit, Rabu (2/12).

Kasi Penertiban Sudin P2B Jakbar, Febriana Tambunan, menambahkan, rencananya petugas juga akan menyegel rumah di Blok A3/2 yang digunakan pemiliknya sebagai tempat usaha kursus Inlingua pada Kamis (3/12) besok.

"Kami lakukan penyegelan tidak sekaligus, maksudnya agar pemilik rumah yang lainnya segera mengembalikan ke fungsinya semula," ujarnya.

Sayangnya, para pemilik rumah yang telah disegel ini tidak menaati peraturan. Seperti dilakukan pemilik rumah makan Gerobak Betawi, kendati baru disegel, siang harinya mereka tetap membuka usahanya seperti biasa. Padahal, papan segel warna merah masih terpampang di depan rumahnya.

"Soal papan segel kami tidak tahu, karena saya hanya penyewa," kata pemilik rumah makan Gerobak Betawi yang enggan disebutkan identitasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com