Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Sudirman-Thamrin

Kompas.com - 01/05/2010, 07:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Memeringati Hari Buruh Internasional atau biasa disebut May Day, Sabtu ini (1/5/2010) di seluruh Indonesia akan melakukan aksi dengan beragam cara. Ada yang sekadar menggelar panggung orasi di kawasan pabrik, tetapi banyak juga yang tetap turun ke jalan.

Di Jakarta, rencananya puluhan ribu buruh dari Jakarta dan sekitarnya akan turun ke jalan. Tempat-tempat yang akan mereka datangi antara lain Gedung Jamsostek dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Jalan Gatot Subroto, Gedung DPR juga di Jalan Gatot Subroto, serta Istana Presiden di kawasan Monas. Tidak luput juga Bundaran Hotel Indonesia yang merupakan tempat paling favorit massa pengunjuk rasa.

Belum diperoleh keterangan mengenai titik kumpul massa buruh untuk menuju lokasi unjuk rasa itu, tetapi mereka akan berkumpul di lokasi sekitar pukul 10.00. Diperkirakan, massa buruh dari Bekasi dan kemungkinan juga dari Karawang akan melalui Jalan Tol Cikampek dan Tol Dalam Kota lalu keluar di Pancoran atau Semanggi.

Sebagian massa bersepeda motor mungkin akan melintas di Jalan Raya Pulogadung-Pemuda-Matraman-Diponegoro atau Kalimalang-Cawang-MT Haryono. Dari Bogor dan Depok kemungkinan akan melalui Tol Jagorawi, Jalan Raya Bogor, Margonda-Pasar Minggu-Pancoran-Gatot Subroto-Semanggi. Dari Tangerang, kemungkinannya melalui Tol Tangerang-Tomang atau Jalan Daan Mogot-S Parman-Slipi-Semanggi.

Karena itu, warga Jakarta di hari libur akhir pekan ini sebaiknya menghindari kawasan tersebut agar tak terjebak dalam kemacetan. Mereka yang datang dari arah Bekasi tujuan dalam kota bisa melalui Tol JORR dan keluar di Mampang, Cilandak, Fatmawati, Pondok Indah. Atau keluar Bintara, Cakung atau Priok.

Pengendara jarak jauh dengan dari Bekasi tujuan Tangerang atau sebaliknya bisa menggunakan Tol JORR langsung keluar Serpong. Pihak kepolisian sudah berjanji akan mengamankan aksi massa buruh ini agar tak mengganggu kegiatan masyarakat. Termasuk kemungkinan mengalihkan jalur jika dipandang perlu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com