Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Labfor Keluar Siang

Kompas.com - 01/05/2010, 09:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri masih melakukan uji laboratorium terhadap berbagai barang bukti yang ditemukan di lokasi ledakan di Malaka Sari, Duren Sawit, Jakarta Timur. Uji lab untuk memastikan apakah ledakan yang terjadi lusa lalu akibat hantaman meteor.

"Pagi ini masih dilakukan uji lab untuk tahu komposisi zat-zatnya. Kemungkinan hasil akan diketahui siang sekitar pukul 14.00," ucap Kepala Departemen Balistik Metalurgi Puslabfor Mabes Polri Kombes Amri Kamil melalui telepon kepada Kompas.com, Sabtu (1/5/2010).

Amri menjelaskan, barang bukti yang diambil dari lokasi adalah debu-debu yang diduga serpihan meteor, kain korden, kertas-kertas yang terbakar, dan barang bukti lainnya. Semua barang bukti itu hanya diambil di rumah nomor 31, rumah yang diduga tertimpa meteor.

"Waktu kami sisir, dua rumah di kanan-kiri enggak ditemukan apa-apa. Untuk debu, harus dipisahkan dulu dengan alat milik kami. Debu kan tercampur dengan kotoran lain, misalnya pasir dari pot bunga" katanya.

Selain oleh Puslabfor Mabes Polri, kata Amri, barang bukti itu juga dilakukan uji laboratorium oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Nantinya, hasil kedua lembaga itu akan dicocokkan.

Kasus pertama

Amri menambahkan, Labfor Polri baru pertama kali melakukan uji lab untuk benda antariksa. "Selama 30 tahun saya di labfor baru kali ini. Biasanya kan tangani bom, tapi kami mampu kok karena kami punya alat-alatnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com