Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bongkar Muat TPK Koja Dipindahkan

Kompas.com - 01/05/2010, 15:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Berkenaan dengan aksi unjuk rasa pekerja Terminal Peti Kemas Koja, pada hari Sabtu (1/5/2010) ini, manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II mengalihkan kegiatan operasional pelayanan bongkar muat peti kemas dari TPK Koja ke Terminal Olah Jasa Andal.

Terminal Olah Jasa Andal berlokasi di Dermaga 301 dan 302, yang berada di Pelabuhan Tanjung Priok. Terminal ini tepatnya berada di sisi barat Jakarta International Container Terminal (JICT).

Langkah antisipasi PT Pelindo II diambil setelah sebelumnya dilakukan koordinasi intensif antara Manajemen TPK Koja dengan Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, serta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dan Administrator Pelabuhan Tanjung Priok.

"Pagi ini kami telah melakukan kunjungan ke lapangan dan situasi umumnya berjalan normal. Aktivitas pelabuhan di TPK Koja dipastikan dapat kembali seperti semula terhitung Senin, 3 Mei 2010," kata Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino dalam surat elektroniknya kepada Kompas.

Aktivitas bongkar muat di Tanjung Priok pada umumnya tetap dikerjakan meski hari Sabtu. Penurunan aktivitas hanya terjadi pada hari Minggu. Meski demikian, pada dasarnya, aktivitas Pelabuhan Tanjung Priok dapat berlangsung selama 24 jam. Tiap tahun, Tanjung Priok dapat melayani hingga 4 juta twenty-foot equivalent unit (TEUs).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com