Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tolak Obama, Mahasiswa UI Bakar Bendera

Kompas.com - 08/11/2010, 12:32 WIB

DEPOK, KOMPAS.com — Sekelompok mahasiswa Universitas Indonesia yang tergabung dalam Front Aksi Mahasiswa UI menggelar aksi menolak kedatangan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, di Stasiun UI, Depok, Senin (8/11/2010). Mereka membakar bendera Amerika Serikat serta foto Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan foto Presiden AS.

Para mahasiswa tersebut juga memasang spanduk bertuliskan "Harga Mati Tolak AS" serta menggelar aksi teatrikal matinya Obama. "Kita tidak mengizinkan dan rela tanah kita diinjak kapitalis," ujar Hafiyah, perwakilan mahasiswa UI dari Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Menurut Hafiyah, kaum kapitalis Amerika saat ini masih menindas Indonesia. Akibatnya, banyak rakyat kecil yang menjadi korbannya. "SBY mau saja menyembah kapitalisme Amerika, Obama disambut datang," katanya.

Kemudian, kata Hafiyah, mahasiswa tidak setuju dengan kedatangan Obama yang mewakili negara kapitalis Amerika Serikat. Apalagi hingga kini aset-aset negara banyak yang dikuasai pihak asing. "Untuk itulah mengapa SBY tidak ingin segera nasionalisasi aset karena tunduk pada Amerika," tambahnya.

Dalam selebaran yang dibagikan, segelintir mahasiswa UI itu menuntut pembatalan kedatangan Obama, menuntut pemerintah meninjau ulang kontrak-kontrak pertambangan dengan Amerika, memutuskan hubungan luar negeri dengan Amerika, dan menuntut Presiden Yudhoyono segera mundur.

Mengenai rencana menggelar aksi pada saat kedatangan Obama yang dijadwalkan 9-10 November, Hafiyah belum dapat memastikan. Karena, katanya, pada 9-10 November mulai pukul 12.00 Kampus UI Depok akan disterilkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com