Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Pademangan Minta Jadi Lahan Hijau

Kompas.com - 01/12/2010, 13:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga Kampung Bandan, Pademangan, Jakarta Utara, yang berada di sekitar rel kereta api atau KA menginginkan agar daerah di bantaran rel itu dimanfaatkan menjadi lahan hijau. Para warga tidak ingin kebakaran besar yang terjadi pada bulan April lalu terulang kembali.

Arip, salah satu warga RT 06 Kampung Bandan, mengatakan, warga khawatir jika bantaran rel tidak digarap secara baik, akan dimanfaatkan kembali menjadi permukiman kumuh.

"Ini kami pagari saja dahulu supaya enggak bisa bangun rumah lagi. Waktu kebakaran kemarin itu ruko-ruko di sini jadi rusak juga kacanya. Makanya, sekarang dipikir bagaimana supaya rumah-rumah itu enggak berdiri lagi," ungkapnya, Rabu (1/12/2010).

Warga mengaku telah memberi masukan kepada pemerintah dan PT Kereta Api Indonesia agar membuat lahan terbuka hijau di sepanjang rel tersebut. Warga pun berharap agar pihak-pihak terkait bisa segera merealisasikan hal tersebut.

"Kemarin PT KA dan pemerintah sepertinya sudah setuju. Mungkin bisa ditanami tumbuh-tumbuhan atau pohon, atau apalah asal rumah-rumah kumuh tidak berdiri lagi," tutur Gregor, salah seorang warga lainnya.

Kekhawatiran warga itu timbul akibat kebakaran yang melanda sekitar 20 rumah tripleks pada akhir April lalu. Kebakaran itu mengakibatkan kaca ruko-ruko di sekitar tempat kebakaran retak dan tembok rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com