Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RPA Rawakepiting Siap Beroperasi

Kompas.com - 10/01/2011, 20:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah pemotongan ayam (RPA) Rawakepiting, Cakung, Jakarta Timur mulai menunjukkan tanda-tanda untuk beroperasi. Hingga Desember 2010, setidaknya 15 penampung dan 9 pemotong ayam sudah menempati masing-masing kandang.

"Para penampung yang sudah punya tempat di RPA Rawakepiting ini ibarat mempunyai dua kaki. Kaki yang satu di RPA dan lainnya di tempat mereka biasa berusaha," kata Kepala Seksi Peternakan Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Pemerintah Kota Jakarta Timur, Sri Astuti, Senin (10/1/2011) di Jakarta.

Wanita yang biasa disapa Tuti ini menduga penampung punya dua kaki karena mereka masih harus mempelajari karakter pelanggan di tempatnya yang baru. "Para penampung juga tak mau kehilangan pelanggan yang mungkin masih mampir ke tempat lama," terang Tuti.

Meski demikian, keberadaan 3 RPA di Jakarta Timur belum bisa mewadahi seluruh penampung ayam di wilayah tersebut yang jumlahnya 114 orang. Selain Rawakepiting, dua RPA lainnya milik Dharma Jaya di Pulogadung dan Cakung.

RPA Dharma Jaya di Pulogadung sudah dinyatakan penuh, sedangkan yang di Cakung masih dalam rencana pembangunan. Sementara, daya tampung RPA Rawakepiting hanya berkapasitas 36 kandang ayam saja.

Menurut Tuti, keinginan para penampung ayam untuk dipindahkan ke RPA secara serentak menjadi kendala tersendiri. Pemkot belum siap menyediakan tempat untuk seluruh penampung.

"Penampung ayam ingin semuanya pindah ke RPA. Misalkan, ada beberapa penampung di Matraman yang belum mau pindah, dikhawatirkan pelanggan akan lebih banyak mengambil ayam di sana, bukan ke RPA," ujar Tuti.

Tuti pun sulit memastikan apakah semua penampung ayam bisa diwadahi di RPA se-Jakarta atau tidak. "Coba itu tanyakan ke dinas di tingkat provinsi soal pemindahan semua penampung ayam," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com