Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI: Sistem "Loopline" Naikkan Jumlah Penumpang "Commuter"

Kompas.com - 30/12/2011, 13:00 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama dua pekan pengoperasian sistem jalur melingkar atau loopline, jumlah penumpang commuter line meningkat sebanyak 11 persen. Dengan operasi ini, terjadi penambahan dua loop commuter line atau 16 perjalanan per hari.

Sekretaris perusahaan PT KAI Commuter Jabodetabek Makmur Syaheran mengatakan, secara keseluruhan pengoperasian ini bertambah 98 perjalanan. Sementara sebelum penerapan loopline, KRL Jabodetabek melayani 467 perjalanan termasuk KA Ekonomi.

"Saat ini, ada 565 perjalanan termasuk kereta feeder yang pulang balik Manggarai-Tanah Abang dan Manggarai-Jatinegara," ujar Makmur.

Kendati demikian, angka penumpang KRL ekonomi justru menurun 6,4 persen. Padahal, dengan pengubahan operasi ini, tidak ada jumlah perjalanan KRL ekonomi yang berkurang.

Meski begitu, pihaknya memang berencana untuk melakukan pengurangan KRL Ekonomi. Menurutnya, semakin banyak KRL ekonomi yang sudah tidak layak pakai dan suku cadangnya pun sulit dipakai.

"April tahun depan, kami akan mulai menarik KRL Ekonomi yang disertai pengurangan tarif Commuter Line," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com