Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taufik dan Afifa Juara Abang None DKI Jakarta 2012

Kompas.com - 04/07/2012, 11:55 WIB
Ali Sobri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah melewati proses penilaian yang cukup panjang dan ketat, Muhammad Taufik E dari Jakarta Utara dan Afifa Mardhotillah dari Jakarta Selatan, akhirnya terpilih sebagai Abang None (Abnon) DKI Jakarta 2012.

Pasangan ini dinobatkan sebagai juara setelah mengalahkan 18 pasang finalis lainnya dalam malam grand final Abnon di teater Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (29/7/2012) dini hari.

Atas torehan prestasi tersebut, Abang Taufik dan None Afifa masing-masing menerima hadiah mobil dan uang asuransi senila Rp 90 juta.

Dalam perhelatannya, 18 pasangan finalis Abnon ini melewai tahap pendaftaran, penyisihan, karantina, dan penilaian soal sejarah Jakarta dan Budaya Betawi, penampilan, tata busana, pemerintahan, pengetahuan umum, public speaking, etika dan kepribadian, psikologi, serta kepariwisataan dan bahasa asing,

"Para duta pariwisata DKI Jakarta yang terpilih, pastinya bukan hanya sebagai ikon Jakarta, tapi juga sebagai garda terdepan dalam mempromosikan Jakarta terutama dalam hal pariwisata dan kebudayaan," kata kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan DKI Jakarta Arie Budhiman usai penobatan Abnon.

Para finalis Abang dan None berasal dari enam wilayah DKI Jakarta. Semuanya dinilai oleh tujuh dewan juri yang diketuai Rusdi Saleh. Juri lainnya Surastuti Nurdadi (psikolog), Robert P Silalahi (pemerintahan dan pengetahuan umum), Maudy Koenaedi (teknik penampilan dan tata busana), RA Titi Koesoemo (kepariwisataan dan kemampuan berbahasa asing), Hermawan Kertajaya (public relations dan marketing) dan Prita Kemal Gani (etiket dan kepribadian).

Mereka menobatkan Taufik dan Afifa sebagai juara Abnon Jakarta 2012. Adapun Abnon Wakil I Jakarta 2012 diraih Rizka Abrar (Jakarta Barat) dan Niken Ayu Lativani (Jakarta Pusat). Abnon Wakil II Jakarta 2012 adalah Rendy Wicaksana (Jakarta Barat) dan Reska Amelia (Jakarta Timur, sedang Abnon Harapan I Jakarta 2012 diraih Jaka Pradipta (Jakarta Pusat) dan Inda Tasha Bastaman (Jakarta Selatan.

Posisi Abnon Harapan II Jakarta 2012 diraih Julio Roland Hasioholan Tjahja (Jakarta Utara) dan Valerie Krasnadewi (Jakarta Utara), serta Abnon Harapan III Jakarta 2012 milik Iskandar (Kepulauan Seribu) dan Dewi Melani Setyaningrum (Jakarta Timur).

Berdasarkan polling sms, Abnon Favorit Jakarta 2012 diberikan kepada Rezzi Nanda Barizki (Kepulauan Seribu) dan pasangannya Andin Dwitasari (Jakarta Utara).

Ajang pemilihan duta pariwisata tersebut juga dimeriahkan dengan pertunjukan Sangkala 9/10 karya Maudy Koesnadi, Pantun Cup oleh Sapri dan kawan-kawan, serta penampilan spesial Afgan, Geisha, Dbagindazz, Gisel, Firman Idol, dan Jessica Iskandar. Hadir pula Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo beserta istri Ny Tatiek Fauzi Bowo yang turut membacakan hasil pemilihan ajang tahunan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com