Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Perlu Kembangkan Konsep Kota Berkelanjutan

Kompas.com - 05/07/2012, 19:47 WIB
Stefanus Osa Triyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah perusahaan Australia yang tergabung dalam Australia Urban System mengampanyekan inovasi dalam infrastruktur dan bangunan urban dengan mengetengahkan konsep kenyamanan hidup masyrakat modern serta pengembangan arsitektur dalam menghadapi tantangan percepatan urbanisasi.  

"Kami ingin bekerja sama dengan pihak Indonesia dalam mengembangkan konsep desain infrastruktur dan inovasi bangunan urban untuk menciptakan kehidupan kota yang lebih baik," kata Direktur Kerja Sama Perdagangan ASEAN Pemerintah Victoria-Australia James Myers dalam forum bisnis yang bertajuk "Liveable and Sustainable Cities of the Future" di Jakarta, Kamis (5/7/2012) ini.

Menurut dia, negara bagian Australia, Victoria, telah berhasil mengedepankan konsep desain urban yang berkelanjutan dengan mempekerjakan sekitar 350.000 orang dan telah menjadi sektor andalan di negara bagian itu. Pihaknya juga menawarkan tidak hanya dari teknologi green building-nya saja, tetapi juga mencakup jasa teknik dan desain arsitekturnya.  

"Dalam waktu dekat, kami berniat untuk melakukan kerja sama dengan negara-negara berkembang, seperti Indonesia, China, negara-negara Timur Tengah, dan Amerika Latin," ujar James.  

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia Bidang Industri, Riset dan Teknologi Bambang Sujagad mengatakan, kebutuhan infrastruktur sangat dibutuhkan oleh kota urbanisasi seperti Jakarta.

"Kurangnya transportasi publik dan jalan yang belum memadai berdampak pada kualitas hidup bagi setiap orang."  

Masyarakat urban, kata Bambang, sering dihadapkan pada masalah perawatan kesehatan, air, limbah dan sanitasi, serta pasokan listrik yang kurang memadai.  

"Semua layanan perkotaan kita masih belum baik dan diperkirakan akan bertambah buruk sehingga memerlukan perencanaan yang tepat untuk menciptakan kota urban yang baik dan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com