Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Naik Transjakarta Gratis

Kompas.com - 15/07/2012, 09:47 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi warga Jakarta yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan berkeliling ibu kota, khusus hari Minggu (15/7/2012) ini dapat menggunakan layanan bus Transjakarta gratis seharian. Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, M. Akbar, mengatakan bahwa layanan bus Transjakarta gratis ini beroperasi dari pukul 05.00-23.00 di 11 koridor yang ada.

Program gratis ini, lanjutnya, merupakan salah satu agenda HUT DKI Jakarta ke-485 yang tertunda. "Harusnya program ini dilakukan Juni lalu. Karena berdekatan dengan kampanye Pilkada, akhirnya dilakukan sekarang," kata Akbar, saat dihubungi, Minggu (15/7/2012).

Sebanyak 4.300 petugas akan diturunkan untuk mengantisipasi penumpang yang membludak dalam program ini. Untuk armadanya, BLU Transjakarta akan menyediakan 498 bus untuk melayani masyarakat. Program naik bus gratis ini, lanjutnya, pertama kali dilakukan pada 26 Februari 2012 dan diharapkan menjadi Agenda Tahunan Transjakarta.

Program ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap transportasi massal. "Tujuannya juga pada masa yang akan datang jumlah penumpang tetap Transjakarta akan meningkat," ujar Akbar.

Untuk mengantisipasi kemungkinan bus yang bermasalah, pihaknya juga menyiapkan delapan mobil derek yang ditempatkan di lokasi-lokasi strategis. Sementara penempatan petugas dibagi berdasarkan prediksi halte yang ramai. "Untuk halte yang diperkirakan ramai, petugas dioptimalkan kerjanya agar warga tetap nyaman," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com