Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengais Rezeki "Menjual" Merah Putih

Kompas.com - 07/08/2012, 21:25 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Agustus merupakan bulan paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Setiap 17 Agustus segenap insan di Tanah Air memperingatinya sebagai hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Memasuki momentum paling bersejarah tersebut, beberapa pedagang memanfaatkannya dengan mengais rezeki menjual bendera Merah Putih untuk memperoleh keuntungan. Sukron (28), seorang pedagang bendera yang berdagang bendera di Jalan Jatinegara, Jakarta Timur, mengaku setiap tahun menjadi pedagang musiman bendera.

"Udah 12 tahun, Mas, jualan bendera. Setiap tahun bulan Agustusnya saya dagang bendera, musiman sih," kata Sukron kepada KOMPAS.com di lokasi tempatnya berjualan, Selasa (7/8/2012).

Mengenai pendapatan, Sukron mengaku hal itu tidak menentu. Beberapa tahun belakangan, pendapatannya dari menjual bendera justru semakin menurun. Hal ini dikatakannya karena pembeli bendera yang semakin sedikit.

"Ya, mungkin karena orang udah males mau beli, enggak kayak dulu," ujar pria kelahiran Cirebon 1984 itu.

Untuk tahun ini, ia memprediksi hanya memperoleh untung Rp 1,5 juta. Sementara tahun sebelumnya, ia mengaku bisa mendapatkan untung hingga Rp 4 juta.

Tidak jauh dari lokasi, seorang pedagang bendera lainnya, Candi (23), mengungkapkan hal senada. Menurut dia, untuk saat ini memang pembeli yang datang menurun, berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Sekarang menurun, ya, mungkin karena yang jual bendera juga banyak. Belum lagi orang udah punya bendera yang lama jadi engga beli yang baru," ujar Candi.

Untuk Candi, ia hanya berjualan dagangan milik bosnya. Upahnya Rp 500.000, sampai selesai 17 Agustus 2012 nanti.

Bendera yang dijual para pedagang memiliki ukuran yang bervariasi. Yang kecil dan terbuat dari plastik dengan jumlah 100 lembar dijual Rp 5.000. Adapun bendera kain ukuran lebar 90 sentimeter dijual Rp 15.000, sementara ukuran lebar 150 sentimeter dijual Rp 20.000. Sementara itu, ukuran lebar 150 sentimeter dijual Rp 30.000. Untuk bendera dengan model gekron, 1 meter dihargai Rp 15.000.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com