Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Bagi-bagikan Amplop di Puskesmas Koja

Kompas.com - 22/08/2012, 17:44 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kunjungannya ke Puskesmas Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo membagikan amplop berisi uang kepada lima ibu yang baru melahirkan di puskesmas tersebut. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan pria yang akrab disapa Foke pasca Hari Raya Idul Fitri.

"Ini lima ibu ini, mereka tolong dikasih amplop ya semuanya," kata Foke kepada ajudannya, di Puskesmas Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Rabu, (22/8/2012).

Mendengar itu, lima ibu itu terlihat bahagia. Salah satunya adalah Astuti (28), yang baru saja dikaruniai seorang bayi berjenis kelamin perempuan, tadi malam.

"Senang ya, Alhamdulillah hari ini dapat rejeki melalui Pak Gubernur," kata Astuti.

Dalam kesempatan itu, Foke juga menjelaskan kalau angka kelahiran khususnya di DKI Jakarta masih cukup banyak.

"Namun, kalau dilihat angka partisipasi aktif Keluarga Berencana juga cukup tinggi. Bahkan, tidak sedikit bapak-bapak yang ikut vasektomi," kata Foke.

Menurut data yang diperoleh dari Kepala Puskesmas Kecamatan Koja Ita Sri Juli, rata-rata sebanyak 80 orang melahirkan tiap bulannya di Koja, Jakarta Utara.

Dalam kesempatan tersebut, selain memantau Ruang Jaminan Persalinan (Jampersal), Foke juga memantau Ruang Paviliun Rawat Inap dan Griya Kasih Program Terapi Rumatan Metadon. Ia mengatakan, Puskesmas kecamatan Koja tersebut merupakan salah satu dari sekian banyak puskesmas yang memberikan pelayanan bagi para pengguna narkotika.

"Kalau di Jakarta Utara ini ada di dua puskesmas, yaitu di Tanjung Priok dan disini (Puskesmas Kecamatan Koja)," kata Foke.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com