Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas HAM Awasi Eksekusi di Kompleks Dwikora

Kompas.com - 04/12/2012, 15:58 WIB
Noory Okthariza

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Di tengah proses eksekusi rumah di Kompleks Dwikora, Cilangkap, Depok, Komnas HAM meninjau langsung ke lokasi. Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai  datang untuk melihat apakah ada pelanggaran hak-hak warga dari eksekusi rumah yang sudah dilakukan sejak 30 November 2012.

Pantauan Kompas.com, Natalius sempat berkeliling kompleks melihat situasi. Warga telah menunggu kedatangannya di sebuah rumah. Natalius langsung berdialog dengan warga dan mendengar keluhan-keluhan mereka.

Komisioner Komnas HAM berkepala plontos ini mengatakan bahwa Komnas HAM sudah mengikuti kasus ini sejak tahun 2008. Ia juga ingin memastikan tidak ada pelanggaran hukum dalam eksekusi ini.

"Sebelum ada keputusan inkracht tidak boleh ada eksekusi sepihak. Eksekusi pun harus atas perintah pengadilan dengan cara menunjuk juru sita," kata Natalius, Selasa (4/11/2012).

Ia meminta TNI AU untuk taat hukum. Eksekusi tidak boleh dilakukan dengan intimidasi apalagi pemaksaan.

Rencanaya, setelah mempelajari situasi dan menampung aspirasi warga, Natalius akan berdialog dengan Kadispen TNI AU Marsekal Pertama Azman Yunus, yang juga sedang berada di lokasi.

Kedatangan Natalius juga untuk mengetahui dugaan kekerasan yang dilakukan TNI terhadap Robi (32), seorang warga, yang terluka akibat pukulan aparat tadi pagi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com