Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polsek Ciputat Gagalkan Penyelundupan BBM Bersubsidi

Kompas.com - 05/12/2012, 13:23 WIB
Prasetyo Eko P

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com-  Aparat Polsek Ciputat, Tangerang Selatan, menggagalkan penyelundupan BBM bersubsidi jenis bio solar.

"Melakukan penyalahgunaan bahan bakar minyak bersubsidi jenis bio solar dengan cara membeli di SPBU, kemudian untuk bio solar yang ada didalam tangki dipindahkan ke tangki yang ada di bak mobil," kata Komisaris Alip, Kapolsek Ciputat, Rabu (5/12/2012).

Tempat kejadian perkara di SPBU 34-15418 jalan RE Martadinata RT 04/13 kelurahan Ciputat, Kecamatan Ciputat, Kota Tangsel. Kejadian berlangsung pada Sabtu (1/12) pukul 03.00 WIB.

Pelaku berjumlah tiga orang yakni AN bertindak sebagai bos, AM sopir, dan YA (kernet). Cara pelaku melakukan aksinya terhitung sederhana.

Mereka memakai truk yang baknya disulap sebagai tempat meletakkan tangki terbuat dari baja. Untuk menyamarkan, di atas tangki ditaruh karung pasir. Tangki berkapasitas hingga 4.000 liter.

Mereka membeli solar di SPBU secara biasa masuk ke tangki bahan bakar truk. Solar kemudian dipindah ke tangki penampungan di bak truk. Pelaku melakukan itu di sejumlah SPBU hingga tangki penampungan penuh. Polisi menyita satu unit mobil mitshubisi light truck no pol B 9223 WQA berikut satu tangki modifikasi ukuran 4000 liter.

"Melanggar pasal 55 UU No 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi," tambah Alip. Menurut Alip, BBM yang didapat pelaku rencananya dibawa ke Cakung, Bekasi.

"Dari keterangan pelaku, akan dibawa ke Cakung, di sana ada yang menampung untuk dijual ke indsustri," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com