Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati Pak Lurah, Jokowi Jadi "Paparazzi"

Kompas.com - 19/12/2012, 18:31 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Semua aparatur pemerintahan di Jakarta sekarang tak bisa lagi kerja bersantai-santai. Pasalnya, pemimpin mereka, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, memiliki trik jitu untuk merekam masalah di seluruh Jakarta.

Saat memberikan arahan kepada camat dan lurah se-Jakarta Pusat, Jokowi membocorkan bahwa saat ini dia selalu membawa kamera foto, bak paparazzi. Alat tersebut digunakannya untuk memotret semua masalah yang dapat ditemukannya setiap saat, setiap kali dia blusukan.

"Saya sekarang ke mana-mana bawa foto, kalau ada rapat, tinggal tunjukkan hasilnya. Nanti foto lagi, kalau masalahnya belum diberesin ya gampang, tinggal saya catat," kata Jokowi di kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (19/12/2012).

Hal itu bukan sekadar gertak sambal sebab Jokowi benar-benar menunjukkan hasil bidikannya melalui layar besar di ruang pertemuan itu.

Hasilnya, para camat dan lurah tak bisa berkutik saat Jokowi menampilkan foto tentang masih adanya coretan di dinding-dinding jalanan, karut-marutnya taman, pedagang kaki lima, dan masalah sampah.

"Hati-hati kalau sudah keduluan saya. Lurah, camat, suku dinas, hati-hati semuanya, paling tidak saya catat. Kalau sudah dicatat, tinggal tunggu waktu dirotasi," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com