Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Akui Sulitnya Membangun Fasilitas Umum di RTH

Kompas.com - 15/01/2013, 12:07 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun dan memulihkan ruang terbuka hijau (RTH) Ibu Kota untuk dimanfaatkan masyarakat umum. Namun, rencana itu tak berjalan optimal karena sulitnya melengkapi RTH dengan fasilitas umum.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, ia telah sering kali membahas rencana melengkapi RTH dengan fasilitas umum, seperti toilet dan tempat ibadah. Namun, rencana itu tak mudah dilakukan karena beberapa alasan. "Misalnya toilet, kan enggak semua tanah RTH memenuhi syarat untuk resapan toilet," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Selasa (15/1/2013).

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengambil contoh di Taman Suropati. Taman yang lokasinya berada di kawasan elite ini sering kali menjadi tujuan warga yang ingin berolahraga atau kegiatan lainnya. Khusus di hari-hari libur, warga yang datang ke taman ini sangat banyak sehingga penggunaan toilet menjadi lebih ramai. Sering terjadi antrean di dua toilet yang tersedia di taman tersebut.

Basuki mengatakan, sempat muncul ide untuk mengoperasikan mobil toilet milik Pemprov DKI di Taman Suropati dan beberapa taman lain di Jakarta. Akan tetapi, ide itu kembali terganjal karena khawatir mobil toilet mengganggu estetika taman. "Iya, masa di kawasan elite ada mobil toilet. Kita serbasalah juga, sama kayak pedagang kaki lima di taman-taman," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com