Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Kembali Sambangi Tanggul Latuharhari

Kompas.com - 09/02/2013, 12:42 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi kembali meninjau tanggul Latuharhari, Jakarta Pusat, yang sempat bocor ketika hujan besar kembali mengguyur Ibu Kota, Rabu (6/2/2013). "Ini kan waktu hujan kemarin ada yang bocor dikit-dikit, makanya saya mau cek," kata Jokowi di lokasi tanggul, Sabtu (9/2/2013).

Sebelumnya, tanggul Latuharhari jebol ketika Jakarta hujan deras dan kiriman air dari Bogor melimpahi Kali Ciliwung pada medio Januari. Jebolnya tanggul Latuharhari membuat kawasan Menteng, Sudirman, Bundaran Hotel Indonesia, dan Thamrin tergenang air hingga sepaha orang dewasa. Jebolnya tanggul juga membuat perjalanan kereta api dari Manggarai ke Tanah Abang yang melintasi Stasiun Sudirman terputus.

Saat mengecek tanggul hari ini, Jokowi terlihat memasuki sebuah gorong yang berada tepat di samping tanggul yang bocor. Ia mengatakan akan membuat tanggul permanen jika intensitas hujan sudah rendah. "Mau dibikin yang permanen. Ini kan cuma tambelan darurat, nanti untuk permanennya mau dikerjakan PU jika sudah tidak ada hujan," tutur Jokowi.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk segera memperbaiki tanggul. Ia mengingatkan agar kejadian tanggul bocor tidak terulang kembali. Saat ini tanggul tersebut dibangun darurat dengan menggunakan batu dan pasir yang dimasukkan dalam karung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com