Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelebaran Jalan di Jaksel, 2.000 Warga Direlokasi

Kompas.com - 11/03/2013, 17:45 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta berencana melakukan pelebaran jalan untuk jalan tembus dari Simprug menuju Senayan. Dampak dari pelebaran tersebut, sekitar 2.000 warga akan direlokasi dari RW 08, Kelurahan Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Plt Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor mengatakan, tahun ini pelebaran jalan difokuskan di Jalan Simprug Golf 2. Pelebaran itu bertujuan mengurangi kemacetan dari Jalan Teuku Nyak Arif hingga ke kawasan sekitar Senayan City.

"Tujuan pelebaran Jalan Simprug Golf 2 adalah untuk mengurai kepadatan lalu lintas sehingga pengendara kendaraan bermotor tidak lagi bertumpu pada Jalan Pakubuwono yang mau ke daerah Senayan. Jalan ini merupakan tembusan dari Jalan Teuku Nyak Arif menuju Senayan City dan sebaliknya," kata Syamsudin, Senin (11/3/2013).

Ia mengatakan, ide pelebaran jalan itu sudah ada sejak tahun lalu dan menjadi salah satu program Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta. Aparat Kota Administrasi Jakarta Selatan bertugas melakukan pembebasan lahan. Syamsudin belum mengetahui persis mengenai lebar jalan yang akan ditambahkan pada jalan yang ada saat ini karena hal itu menjadi tanggung jawab Dinas PU DKI.

"Kalau sekarang lebarnya hanya antara 3-5 meter, jadi kalau mobil pas di jalan sempit harus bergantian. Nanti yang menentukan (lebar jalan) dari Provinsi, baru hari ini kita rapatkan," jelas Syamsudin. Rapat itu sekaligus untuk menentukan lokasi yang tepat untuk merelokasi warga.

Aparat Kelurahan Grogol Selatan sudah mengadakan sosialisasi terkait pelebaran jalan yang rencananya akan membentang sepanjang sekitar 850 meter. Penduduk yang akan direlokasi mayoritas pendatang dari luar DKI Jakarta.

"Yang akan terkena berada di RT 08, 09, dan 10 di RW 08 dan yang banyak menempati merupakan penduduk pendatang. Memang ada yang punya KTP DKI, tapi banyak juga yang tidak," kata Lurah Grogol Selatan Mustaqim di Kantor Walikota Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com