Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov DKI Akan Bangun Klinik di Pasar

Kompas.com - 20/04/2013, 15:03 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah menggelar acara pencanangan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (19/4/2013) kemarin, Pemprov DKI Jakarta berupaya untuk menempatkan klinik di beberapa pasar di Ibu Kota.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Dien Emmawati mengatakan, klinik itu juga akan digunakan untuk memberikan penyuluhan dan pendidikan warga tentang zat berbahaya yang terkandung dalam makanan.

"Jadi nanti, klinik di pasar itu tidak hanya untuk mengobati, tapi juga memberikan advokasi kepada masyarakat tentang bahan berbahaya pada makanan," kata Dien di Jakarta, Sabtu (20/4/2013).

Berdasarkan rencana awal, klinik itu menurutnya akan ditempatkan di sekitar 20 pasar. Pasar yang dijadikan prioritas, kata dia, adalah yang berukuran besar dan kerap terdapat kasus makanan mengandung formalin, boraks, dan zat pewarna. Dien berharap pengadaan klinik di berbagai pasar ini dapat mengurangi jumlah bahan berbahaya yang beredar di kalangan masyarakat. Klinik pasar itu akan beroperasi sesuai dengan jam buka-tutup pasar.

"Jadi, petugas medis yang bertugas tidak hanya sebagai dokter, tapi juga memberikan advokasi, apakah zat ini berbahaya atau tidak. Dengan makan boraks dan formalin, bagaimana dampaknya untuk ginjal dan akan selalu cuci darah. Apabila hal itu terus terjadi, dampaknya Kartu Jakarta Sehat (KJS)-nya jebol," kata Dien.

Pencanangan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya merupakan kerja sama antara Badan Pengawas Obat dan Makanan, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, dan Pemprov DKI Jakarta.

Program pasar aman dari bahan berbahaya ini mulai dicanangkan di Jakarta karena merupakan ibu kota negara yang bisa menjadi barometer bagi daerah lain. Sebab, dalam 3 tahun, pasar aman akan dicanangkan di 108 kota di 31 provinsi di Indonesia. Lima pasar di Jakarta yang dijadikan pasar percontohan yang aman dari bahan berbahaya, antara lain, Pasar Cibubur, Pasar Tebet Barat, Pasar Grogol, Pasar Johar Baru, dan Pasar Koja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com